Cara Belajar

Pelajaran ini disusun dengan cara yang sangat sederhana, mengikuti pola pikir kita orang Indonesia, dan tidak menggunakan level. Pelajaran ini sudah mencakup semua materi yang perlu diketahui dan dipraktekkan untuk menguasai Bahasa Inggris dengan baik dan benar.

Apabila anda belajar dengan rajin dan penuh perhatian, anda bisa menguasai seluruh pelajaran ini dalam waktu dua bulan dari saat anda mulai belajar. Menguasai di sini berarti memahami bagaimana menggunakan Bahasa Inggris sesuai dengan tata bahasanya. Anda juga akan bisa mengungkapkan sebagian besar hal-hal yang terlintas dalam pikiran anda dengan Bahasa Inggris yang berstruktur dan berpola yang benar. Selebihnya adalah tergantung kreativitas anda melatih penggunaan kata-kata baru yang anda perlukan dalam berbicara atau menulis.

Jadi, meskipun anda sudah pernah belajar Bahasa Inggris, atau bahkan mungkin sudah bisa berbicara, namun masih belum yakin apakah anda sudah menguasai struktur atau polanya, kami menyarankan anda mulai mempelajarinya dari langkah awal agar tidak ada yang terlewatkan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda harus mengikuti cara belajar di bawah ini, langkah demi langkah. Jangan mencoba memulai langkah baru, sebelum anda menyelesaikan atau betul-betul memahami langkah sebelumnya. Selalu konsultasikan dengan kami melalui email info@carakita.com apabila anda menemui kesulitan dalam belajar, mengerjakan latihan, atau menggunakan metode ini.

Pertama, cetak file CARA BELAJAR ini (MS Word file) untuk referensi anda. Kemudian tandailah langkah yang telah anda lewati. Jujurlah kepada diri anda sendiri, karena tidak ada yang akan mengontrol anda. Berkonsentrasilah dalam belajar, karena sukses anda tergantung pada seberapa besar kemauan dan ketekunan anda.

Persiapan: 
Pertama, pastikan bahwa program Adobe Reader sudah terinstal di komputer Anda, karena file pdf harus dibaca dengan Adober Reader. Kalau belum terinstal, Anda bisa download di sini
  1. Untuk mendengarkan rekaman suara, pastikan juga bahwa program Media Player atau sejenisnya sudah terinstal di komputer Anda. Jangan lupa, aktifkan juga speaker Anda.
  2. Download dan cetak Daftar Kata Kerja
  3. Download dan cetak Daftar Kata Sifat
  4. Download dan cetak Daftar Kata Keterangan Waktu
  5. Download dan cetak Daftar Kata Ganti 
Catatan: Anda tidak perlu menghafal semua daftar kata tersebut. Bacalah sepintas agar anda bisa dengan mudah mencarinya jika dalam pelajaran nanti anda memerlukannya. 

Pelajaran I:
  1. Download dan cetak Lesson I. Baca dan mengertikan
  2. Download dan cetak Latihan IA. Kerjakan. Baca hasilnya keras-keras
  3. Download dan cetak Latihan IB. Kerjakan. Baca hasilnya keras-keras
  4. Download dan cetak Latihan IC. Kerjakan. Baca hasilnya keras-keras
  5. Coba dengarkan rekaman suara di Lesson I, Latihan IA, Latihan IB, Latihan IC. Setelah halaman terbuka, klik tanda PLAY,  maka akan keluar rekaman suara untuk kata atau kalimat bersangkutan.
  6. Untuk melatih pengucapan, Anda bisa menggunakan komputer Anda. Klik "start" lalu "control panel" lalu "sound, speech, and audio devices" lalu "speech". Setelah layar "speech" terbuka, ganti kalimat "You have selected Microsoft Sam as the computer's default voice" dengan huruf, kata atau kalimat yang mau dilatih. Tekan "preview voice", maka akan keluar suara untuk huruf, kata, atau kalimat yang bersangkutan.
  7. Ulangi baca lesson I, Latihan IA, Latihan IB, Latihan IC
  8. Jika anda masih ragu tentang hasil latihan yang anda kerjakan, bandingkan dengan kunci jawaban (dapatkan kunci jawaban dengan mengirim email ke info@carakita.com)
  9. Mulai menulis beberapa kalimat yang terlintas dalam pikiran, menggunakan struktur yang telah dipelajari. Usahakan menulis minimal satu halaman buku tulis setiap hari.
  10. Mulai mengungkapkan apa yang terlintas dalam pikiran, menggunakan struktur yang telah dipelajari, yaitu AKAN, BISA, HARUS...., dll
  11. Bawa Daftar Kata Kerja, Kata sifat, Kata keterangan waktu kemanapun anda pergi. Anda mungkin perlu membukanya jika diperlukan.
Pelajaran II:
  1. Download dan cetak Lesson II. Baca dan mengertikan
  2. Download dan cetak Latihan IIA. Kerjakan. Baca hasilnya keras-keras
  3. Download dan cetak Latihan IIB. Kerjakan. Baca hasilnya keras-keras
  4. Coba dengarkan rekaman suara di Lesson II, Latihan IIA, Latihan IIB
  5. Ulangi baca lesson II, Latihan IIA, Latihan IIB
  6. Jika anda masih ragu tentang hasil latihan yang anda kerjakan, bandingkan dengan kunci jawaban (bisa didapat lewat e-mail)
  7. Ulangi baca pelajaran I (AKAN), beserta latihannya. Bandingkan penggunaannya dengan pelajaran II
  8. Mulai menulis beberapa kalimat yang terlintas dalam pikiran, menggunakan struktur yang telah dipelajari (AKAN dan SUDAH). Gabungkan penggunaannya agar anda paham perbedaannya. Usahakan menulis minimal satu halaman buku tulis setiap hari.
  9. Mulai mengungkapkan apa yang terlintas dalam pikiran, menggunakan struktur yang telah dipelajari (AKAN dan SUDAH). Gabungkan penggunaannya agar anda tahu perbedaannya.
  10. Selalu bawa Daftar Kata Kerja, Kata sifat, Kata keterangan waktu kemanapun anda pergi. Mungkin sewaktu-waktu anda memerlukannya.
Pelajaran III:
  1. Download dan cetak Lesson III. Baca dan mengertikan
  2. Download dan cetak Latihan IIIA. Kerjakan. Baca hasilnya keras-keras
  3. Download dan cetak Latihan IIIB. Kerjakan. Baca hasilnya keras-keras
  4. Coba dengarkan rekaman suara di Lesson III, Latihan IIIA, Latihan IIIB
  5. Ulangi baca lesson III, Latihan IIIA, Latihan IIIB
  6. Jika anda masih ragu tentang hasil latihan yang anda kerjakan, bandingkan dengan kunci jawaban (bisa didapat lewat e-mail)
  7. Ulangi baca pelajaran I dan II, beserta latihannya. Bandingkan penggunaannya dengan pelajaran III. Perhatikan betul-betul perbedaannya.
  8. Tetap menulis beberapa kalimat yang terlintas dalam pikiran, menggunakan struktur yang telah dipelajari (AKAN, SUDAH dan SEDANG). Gabungkan penggunaannya agar anda tahu perbedaannya. Usahakan menulis minimal satu halaman buku tulis setiap hari.
  9. Mulai mengungkapkan apa yang terlintas dalam pikiran, menggunakan struktur yang telah dipelajari (AKAN, SUDAH, SEDANG)
  10. Selalu bawa Daftar Kata Kerja, Kata sifat, Kata keterangan waktu kemanapun anda pergi. Sewaktu-waktu anda akan memerlukannya.
  11. Download dan cetak Rangkuman Pelajaran I-III. Baca dan Mengertikan.Yakinkan kalau anda sudah betul-betul paham tentang pelajaran I, II, III. Ulangi dan ulangi sekali lagi sampai anda tidak pernah salah lagi dalam penggunaan struktur AKAN, SUDAH, SEDANG.
  12. Jika anda menggunakan telephone genggam (handphone), ubahlah bahasanya dari bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris
  13. Ingatlah bahwa sukses anda menggunakan metode belajar ini, dimulai dari kemampuan anda menggunakan struktur AKAN, SUDAH, SEDANG. Jika anda sudah betul-betul memahaminya, barulah anda boleh melanjutkan ke pelajaran IV; karena kalau tidak, anda akan bingung sendiri.
  14. Sampai di sini, seharusnya anda sudah bisa mengungkapkan banyak hal dalam Bahasa Inggris, baik dalam tulisan ataupun ungkapan.
Pelajaran IV:
  1. Download dan cetak Lesson IV. Baca dan mengertikan
  2. Download dan cetak Latihan IVA. Kerjakan. Baca hasilnya keras-keras
  3. Download dan cetak Latihan IVB. Kerjakan. Baca hasilnya keras-keras
  4. Download dan cetak Latihan IVC. Kerjakan. Baca hasilnya keras-keras
  5. Coba dengarkan rekaman suara di Lesson IV Latihan IVA, IVB.
  6. Ulangi baca Lesson IV, Latihan IVA, Latihan IVB, Latihan IVC
  7. Jika anda masih ragu tentang hasil latihan yang anda kerjakan, bandingkan dengan kunci jawaban (dapatkan kunci jawaban lewat e-mail)
  8. Jika perlu, ulangi baca pelajaran I,II dan III, beserta latihannya. Bandingkan penggunaan AKAN, SUDAH, SEDANG dengan yang TANPA akan, sudah, sedang
  9. Tetap menulis beberapa kalimat yang terlintas dalam pikiran, kombinasikan penggunaan struktur yang telah dipelajari (AKAN, SUDAH, SEDANG dan yang TANPA akan, sudah, sedang)
  10. Terus berlatih mengungkapkan apa yang terlintas dalam pikiran, menggunakan struktur yang telah dipelajari (AKAN, SUDAH, SEDANG dan yang TANPA akan, sudah, sedang)
  11. Selalu bawa Daftar Kata Kerja, Kata sifat, Kata keterangan waktu kemanapun anda pergi. Sewaktu-waktu anda akan memerlukannya.
  12. Mulai gunakan apa yang telah anda pelajari dalam kegiatan sehari-hari. Biasakan pikiran anda untuk mulai bertanya …. “Apa ya Bahasa Inggris-nya ini?”…. atau ….”Bagaimana mengungkapkan ini dalam Bahasa Inggris?”
  13. Bangun kesadaran bahwa semua kegiatan kita bisa diungkapkan dengan Bahasa Inggris. Kita sudah memahami strukturnya. Sekarang tinggal mencari artinya saja. Apapun yang ingin kita ungkapkan, sebenarnya kita bisa mengungkapkannya dalam Bahasa Inggris.
Pelajaran V:
  1. Download dan cetak Lesson V. Baca dan mengertikan
  2. Download dan cetak Latihan VA. Kerjakan. Baca hasilnya keras-keras
  3. Coba dengarkan rekaman suara untuk Lesson V, Latihan VA.
  4. Ulangi baca Lesson V, Latihan VA
  5. Jika anda masih ragu tentang hasil latihan yang anda kerjakan, bandingkan dengan kunci jawaban (bisa didapat lewat e-mail)
  6. Jika perlu, ulangi baca pelajaran I,II,III,IV beserta latihannya. Bandingkan penggunaan AKAN, SUDAH, SEDANG dengan yang TANPA akan, sudah, sedang; juga dengan yang menggunakan DI…….yang baru anda pelajari
  7. Tetap menulis beberapa kalimat yang terlintas dalam pikiran, kombinasikan penggunaan struktur yang telah dipelajari (AKAN, SUDAH, SEDANG; yang TANPA akan, sudah, sedang dan yang menggunakan DI…………. )
  8. Terus berlatih mengungkapkan apa yang terlintas dalam pikiran, menggunakan struktur yang telah dipelajari (AKAN, SUDAH, SEDANG; dan yang TANPA akan, sudah, sedang; juga dengan yang menggunakan DI…………..)
  9. Tetap bawa Daftar Kata Kerja, Kata sifat, Kata keterangan waktu kemanapun anda pergi. Sewaktu-waktu anda akan memerlukannya.
  10. Download file Rangkuman Lesson I-V. Baca dan mengertikan. Sampai disini anda sudah mempelajari semua struktur yang diperlukan untuk menyusun kalimat dalam Bahasa Inggris (yang menggunakan kata kerja).
  11. Terus gunakan apa yang telah anda pelajari dalam kegiatan sehari-hari. Biasakan pikiran anda untuk selalu bertanya …. “Apa ya Bahasa Inggris-nya ini?”…. atau ….”Bagaimana mengungkapkan ini dalam Bahasa Inggris?”
  12. Tingkatkan kesadaran bahwa semua kegiatan kita bisa diungkapkan dengan Bahasa Inggris. Kita sudah memahami strukturnya. Sekarang tinggal mencari artinya saja. Apapun yang ingin kita ungkapkan, sebenarnya kita bisa mengungkapkannya dalam Bahasa Inggris.
Pelajaran VI
  1. Download dan cetak Lesson VI. Baca dan mengertikan
  2. Download dan cetak Latihan VIA. Kerjakan. Baca hasilnya keras-keras
  3. Ulangi baca Lesson VI, Latihan VIA
  4. Jika anda masih ragu tentang hasil latihan yang anda kerjakan, bandingkan dengan kunci jawaban (dapatkan kunci jawaban lewat e-mail)
  5. Jika perlu, ulangi baca pelajaran I,II,III,IV,V beserta latihannya. Bandingkan penggunaan AKAN, SUDAH, SEDANG dengan yang TANPA akan, sudah, sedang; juga dengan yang menggunakan DI……. Sekarang kombinasikan penggunaan kalimat yang menggunakan kata kerja dan yang tidak menggunakan kata kerja.
  6. Tetap menulis beberapa kalimat yang terlintas dalam pikiran, kombinasikan penggunaan struktur yang telah dipelajari (AKAN, SUDAH, SEDANG; yang TANPA akan, sudah, sedang dan yang menggunakan DI…………. ); kombinasikan juga dengan kalimat yang tidak menggunakan kata kerja.
  7. 7.Terus berlatih mengungkapkan apa yang terlintas dalam pikiran, menggunakan struktur yang telah dipelajari (AKAN, SUDAH, SEDANG; dan yang TANPA akan, sudah, sedang; juga dengan yang menggunakan DI…………..); kombinasikan juga dengan yang tidak menggunakan kata kerja, seperti kata benda, kata sifat, kata keterangan, dll.
  8. Tetap bawa Daftar Kata Kerja, Kata sifat, Kata keterangan waktu kemanapun anda pergi. Anda akan terus memerlukannya.
  9. Download file Rangkuman Lesson I-VI. Baca dan mengertikan. Sampai disini anda sudah mempelajari semua struktur Bahasa Inggris, baik yang menggunakan kata kerja, maupun yang tidak menggunakan kata kerja. Artinya, apapun yang ingin anda ungkapkan sudah bisa masuk dalam struktur yang telah anda pelajari.
  10. Terus gunakan apa yang telah anda pelajari dalam kegiatan sehari-hari. Biasakan pikiran anda untuk selalu bertanya …. “Apa ya Bahasa Inggris-nya ini?”…. atau ….”Bagaimana mengungkapkan ini dalam Bahasa Inggris?”
  11. Tingkatkan kesadaran bahwa semua kegiatan kita bisa diungkapkan dengan Bahasa Inggris. Kita sudah memahami strukturnya. Sekarang tinggal mencari artinya saja. Apapun yang ingin kita ungkapkan, sebenarnya kita bisa mengungkapkannya dalam Bahasa Inggris.
Tambahan I:
  1. Download dan cetak file Aturan Kata Kerja. Baca dan mengertikan
  2. Download dan cetak file Aturan Kata Benda. Baca dan mengertikan
  3. Download dan cetak file Aturan Kata Sifat. Baca dan mengertikan
  4. Download dan cetak file Kata Depan. Baca dan mengertikan
  5. Download dan cetak file Menggabungkan will, dsb. Baca dan mengertikan
  6. Download dan cetak file Menggabungkan kalimat. Baca dan mengertikan
  7. Download dan cetak file Menyatakan ADA. Baca dan mengertikan
  8. Download dan cetak file Menyatakan Persetujuan. Baca dan mengertikan
  9. Download dan cetak file Meyakinkan Pernyataan. Baca dan mengertikan
  10. Download dan cetak file Pengandaian. Baca dan mengertikan
  11. Download dan cetak file Langsung tak langsung. Baca dan mengertikan
  12. Download dan cetak file Beberapa aturan baku. Baca dan mengertikan
  13. Download dan cetak file Kata penting lainnya. Baca dan mengertikan
  14. Download dan cetak file Angka dan Bilangan. Baca dan mengertikan
Catatan:
Semua tambahan aturan ini akan anda perlukan untuk menyempurnakan pengungkapan Bahasa Inggris anda baik lisan maupun tulisan.

Tambahan II:
  1. Download dan cetak soal cerita 01, 02, 03, 04, 05. Kerjakan. Baca hasilnya keras-keras
  2. Download dan cetak soal cerita 06, 07, 08, 09, 10. Kerjakan. Baca hasilnya keras-keras
  3. Download dan cetak soal cerita 11, 12, 13, 14, 15. Kerjakan. Baca hasilnya keras-keras
  4. Coba dengarkan rekaman suara untuk soal cerita : 01, 02, 03, 04, 05, 07, 08, 09, 10, 11, 12, 13, 14, 15
  5. Download dan cetak soal percakapan 01, 02, 03, 04, 05. Kerjakan. Baca hasilnya keras-keras
  6. Download dan cetak soal percakapan 06, 07, 08, 09, 10. Kerjakan. Baca hasilnya keras-keras
  7. Download dan cetak soal percakapan 11, 12, 13, 14, 15. Kerjakan. Baca hasilnya keras-keras
  8. Coba dengarkan rekaman suara untuk soal percakapan : 01, 02, 03, 04, 05, 07, 08, 09, 10, 11, 12, 13, 14, 15
  9. Download dan cetak soal tanya jawab dan diskusi 01, 02, 03, 04, 05. Kerjakan. Baca hasilnya keras-keras
Catatan:
Untuk mendapatkan kunci jawaban latihan-latihan ini, mohon mengirimkan email ke: info@carakita.com.

Tambahan III:
  1. Tulislah sebuah surat tentang siapa diri anda, cita-cita anda, dll
  2. Kirim surat tersebut sebagai lampiran ke info@carakita.com
  3. Tuliskan komentar anda tentang kursus lewat internet ini dalam Bahasa Inggris, lalu kirim ke info@carakita.com
  4. Tuliskan saran-saran anda untuk perbaikan cara belajar lewat internet ini, lalu kirimkan ke info@carakita.com

Tambahan IV:
  1. Untuk berlatih dengan teman-teman sesama anggota, cobalah bergabung di Yahoo 360. Klik di sini. Anda bisa mencoba menghubungi teman-teman yang sedang online dengan Yahoo Messenger atau yang offline melalui email. Cobalah hubungi mereka, siapa tahu ada yang mau diajak berlatih.
  2. Untuk melihat beberapa latihan lanjutan, coba kunjungi http://contohsoal.wordpress.com.
  3. Kalau mungkin, usahakan copy darat dengan partner anda di satu kota. Saat anda bertemu, hanya gunakan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi.
  4. Untuk melatih pendengaran, anda bisa mengikuti kursus Bahasa Inggris, bisnis, dan pariwisata yang diselenggarakan oleh Radio Australia.

Tambahan V:
  1. Mulailah baca koran atau majalah berbahasa Inggris. Konsultasikan dengan kami apabila ada hal-hal yang kurang atau sulit anda mengerti
  2. Mulailah menonton film atau video dalam Bahasa Inggris. Usahakan untuk melatih pendengaran anda. Gunakan struktur yang anda pelajari.
  3. Pergilah ke tempat-tempat wisata yang banyak wisatawan asingnya. Latihlah Bahasa Inggris anda secara langsung dengan mereka. Yakinlah bahwa anda menggunakan struktur dalam bicara.
  4. Cobalah membaca novel atau buku cerita dalam Bahasa Inggris. Anda akan menemukan banyak dialog dan kata-kata baru di dalamnya.

Tambahan VI:
  1. Latihlah menterjemahkan artikel berbahasa Indonesia di koran ke dalam Bahasa Inggris
  2. Selalu konsultasikan dengan kami, jika anda menemui kesulitan dalam belajar. Kami akan melayani anda dengan senang hati.

PENUTUP:
Untuk mengetes kemampuan anda berbahasa Inggris, anda bisa mengikuti tes TOEFL atau TOEIC yang sering diselenggarakan di kota-kota besar di seluruh Indonesia.

Secara sederhana, apabila anda bisa mengungkapkan apa yang terlintas dalam pikiran anda dalam Bahasa Inggris dengan cepat dan tidak perlu berpikir lama, berarti anda sudah menguasai pelajaran Bahasa Inggris yang kami sajikan.

Tidak ada batas pasti yang bisa digunakan untuk mengukur level anda. Hanya anda yang tahu, berapa banyak anda harus belajar lagi. Namun yang pasti, bahasa Inggris sama seperti pelajaran lainnya. Ia bersifat dinamis dan terus berkembang. Anda harus terus belajar sepanjang hidup anda.