Beberapa Aturan Lain Kata Ganti

Untuk menghindari pengulangan pengungkapan yang tidak perlu, kita bisa menggunakan kata ganti, baik untuk orang maupun benda.

Dalam Bahasa Indonesia, orang-orang atau benda yang kita bicarakan dapat kita kelompokkan sebagai berikut :
  • Saya
  • menyatakan diri kita sendiri (satu orang saja)
  • Kamu/Kalian
  • menyatakan lawan bicara kita, bisa sendiri, bisa lebih dari satu orang/benda
  • Kami/Kita
  • menyatakan orang/benda yang lebih dari satu dan ikut bicara, misalnya Saya, Iwan dan kamu (kita), saya, Amir dan Iwan (kami), saya dan anjing saya (kami)
  • Mereka
  • menyatakan orang/benda yang lebih dari satu dan tak ikut bicara, misalnya Amir, Budi dan Laura; buku-buku itu; anjing dan kucing saya
  • Ia atau Dia
  • menyatakan orang atau benda yang sendiri/tunggal Amir, Siti, Ayah saya, Ibu saya, sebuah buku, pendapat saya, dll)
  • menyatakan benda yang tak bisa dihitung atau dinyatakan dengan sebuah atau selembar, dsb. seperti air, pasir, gula, dll
Dalam Bahasa Inggris, secara sederhana, pengelompokan itu kita bagi 2 berdasarkan letaknya dalam kalimat.

Apabila letaknya di bagian depan kalimat artinya sebelum kata kerja atau predikat kalimat misalnya ‘SAYA akan membeli mobil baru’, kata ganti tersebut menjadi :
  • Saya => I I will call you
  • Kamu/Kalian => You YOU must go now
  • Kami/Kita => We WE can sell the house
  • Mereka (orang/benda) => They THEY come here
  • Ia atau Dia(laki) => He HE should clean the floor
  • Ia atau Dia(wanita) => She SHE works in Jakarta
  • Ia (benda) => It IT will be taken today

Apabila letaknya di bagian belakang artinya setelah kata kerja atau predikat kalimat misalnya Ia akan menelpon SAYA, ia menjadi :
  • Saya => me He will see ME
  • Kamu/Kalian => you I will tell YOU
  • Kami/Kita => us They will call US
  • Mereka (orang/benda) => them She will ask THEM
  • Ia atau Dia(laki) => him We should invite HIM
  • Ia atau Dia(wanita) => her The floor was cleaned by HER
  • Ia (benda) => it I will take IT
Apabila mengandung arti ‘milik’ dan langsung mengikuti kata bendanya, seperti ‘buku saya, temanmu,’ dll; ia menjadi:
  • Saya => my my book = buku saya
  • Kamu/Kalian => your your friend = temanmu
  • Kami/Kita => our our house = rumah kita
  • Mereka (orang/benda) => their their problem = problem mereka
  • Ia atau Dia(laki) => his his car = mobilnya
  • Ia atau Dia(wanita) => her her job = pekerjaannya
  • Ia (benda) => its its leg = kakinya
Catatan:
Untuk menyatakan buku Amir, kita menggunakan Amir’s book; teman ayah saya = My father’s friend; Mobil guru itu = The teacher’s car

Apabila kata bendanya tidak kita ucapkan, seperti milik saya, milikmu, milik mereka, dll; ia menjadi :
  • Saya => mine This is MINE = Ini milik saya
  • Kamu/Kalian => yours That is YOURS = Itu milikmu
  • Kami/Kita => ours The book is OURS = Buku itu milik kita
  • Mereka (orang/benda) => theirs That is THEIRS = Itu milik mereka
  • Ia atau Dia(laki) => his This is HIS = Ini miliknya
  • Ia atau Dia(wanita) => hers That is HERS = Itu miliknya
  • Ia (benda) => its The food is ITS = Makanan itu miliknya
Catatan:
  • Untuk menyatakan ‘milik Amir’ kita menggunakan Amir’s; ‘milik ayah saya’ = My father’s; ‘milik guru itu’ = The teacher’s
  • Kita bisa menggunakan ‘a friend of mine’ untuk menyatakan seorang teman saya; demikian juga ‘a book of yours’ untuk menyatakan sebuah bukumu